Contoh LKPD dan Rangkuman Materi Kelas 4 Wujud Zat dan Perubahannya.
Rangkuman Materi: Wujud Zat dan Perubahannya
- Wujud Zat
- Zat Padat: Bentuk dan volumenya tetap, partikel tersusun rapat.
- Zat Cair: Bentuk berubah sesuai wadahnya, volume tetap, partikel lebih renggang dari padat.
- Zat Gas: Bentuk dan volumenya berubah sesuai wadahnya, partikel sangat renggang.
- Perubahan Wujud Zat
- Membeku: Perubahan dari cair ke padat (misal: air menjadi es).
- Mencair: Perubahan dari padat ke cair (misal: es mencair).
- Menguap: Perubahan dari cair ke gas (misal: air mendidih menjadi uap).
- Mengembun: Perubahan dari gas ke cair (misal: embun di pagi hari).
- Menyublim: Perubahan dari padat langsung ke gas (misal: kapur barus menyusut).
- Menghablur: Perubahan dari gas langsung ke padat (misal: uap air membeku di kaca jendela).
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Nama: ………………………………………. Kelas: 4
Tema: Wujud Zat dan Perubahannya
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengerjakan LKPD ini, siswa dapat:
- Mengidentifikasi wujud zat berdasarkan sifatnya.
- Menjelaskan perubahan wujud zat beserta contohnya.
B. Kegiatan
1. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
- Air dalam gelas berbentuk cair. Jika dipindahkan ke dalam botol, maka bentuk air akan… a. Tetap seperti gelas
b. Berubah sesuai wadahnya
c. Menguap menjadi gas
d. Menjadi padat - Contoh peristiwa menguap dalam kehidupan sehari-hari adalah… a. Mentega membeku di kulkas
b. Air yang dimasak berkurang
c. Es mencair di suhu ruang
d. Kabut turun di pagi hari
2. Isian Singkat
- Apa yang dimaksud dengan menyublim? Berikan contohnya!
- Sebutkan tiga contoh benda yang termasuk zat padat!
- Mengapa uap air di udara bisa berubah menjadi titik-titik air di pagi hari?
3. Percobaan Sederhana
Judul: Mengamati Perubahan Wujud Zat
Alat dan Bahan:
- Es batu
- Gelas bening
- Sendok
- Air panas dalam mangkuk
Langkah-langkah:
- Masukkan es batu ke dalam gelas, amati perubahan yang terjadi.
- Letakkan gelas berisi es di ruangan terbuka, amati perubahan dalam 10 menit.
- Dekatkan gelas ke atas mangkuk berisi air panas, perhatikan ada tidaknya embun pada dinding luar gelas.
Pertanyaan:
- Apa yang terjadi pada es batu setelah beberapa menit?
- Bagaimana cara menjelaskan proses mengembun dalam percobaan ini?
C. Kesimpulan
Tuliskan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan!
Guru: ……………………………………….
Tanggal: ………………………………….